Beranda » Wisata Jogja » Sehari Wisata Kuliner Di Jogja (Part.1)

Berkunjung ke Yogyakarta, kurang lengkap jika tidak disertai dengan wisata kuliner di Jogja. Apalagi dengan
beragamnya jenis kuliner di Jogja yang seakan tak pernah habis untuk di eksplor. Berikut kami
rekomendasikan untuk anda yang ingin merasakan wisata kuliner di Jogja dalam sehari. Mulai dari
sarapan pagi hingga makanan larut malam, kami coba hadirkan untuk anda.

Kuliner di Jogja : Sarapan Pagi

Wedang Tahu Bu Sukardi
Sarapan pagi dimulai paling enak dimulai dari yang ringan dan hangat agar perut tidak kaget. Wedang
tahu contohnya, jajanan yang ringan dengan olahan kedelai lembut lengkap dengan kuah jahe mirip
ronde, cocok untuk santapan ringan sebelum lanjut ke sesi kuliner selanjutnya hehehe…

Wedang tahu jika di daerah lain di Indonesia terkenal dengan sebutan tahwa atau kembang tahu. Entah
kenapa kalau di Jogja disebut dengan Wedang tahu. Wedang Tahu Bu Sukardi adalah salah satu penjual
makanan ini yang paling laris, bayangkan, hanya dalam waktu 1,5 jam saja sudah ludes diborong
pelanggan. beralamat di Jalan Kranggan Nomor 75, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah
Istimewa Yogyakarta, warung Bu Sukardi buka dari jam 06.30 – habis. Agar tidak kehabisan, bisa telepon
dulu ke nomor 0877 3824 0558. Hanya dengan Rp6.000 saja, sudah bisa membuat hangat di pagi hari.

Soto Pak Dalbe

View this post on Instagram

kuliner soto hits di jogja

A post shared by 🍲SOTO PAK DALBE🍲 (@sotodalbe) on

Tidak jauh dari lokasi wedang tahu Bu Sukardi, ada warung soto yang cukup terkenal, yaitu soto pak
Dalbe. Beralamatkan di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Yogyakarta, warung soto ini tidak pernah sepi
pengunjung. Yah, meski bisa dibilang bahwa Jogja ini adalah gudangnya soto, namun soal rasa soto Pak
Dalbe memang tidak pernah bohong. Soto yang disajikan bersama ayam kampung suwir, lenthok
(perkedel dari singkong), serta taburan seledri dan bawang goreng, selalu berhasil menggugah selera
makan para pengunjung warungnya.

Soto Pak Dalbe sudah seperti pegawai negeri, karena hanya buka pada hari Senin – Jumat, 06.00 – 14.00
sementara Sabtu – Minggu tutup. Maklum, kebanyakan pelanggan memang karyawan di sekitar jalan
Sudirman yang memang salah satu kawasan bisnisnya Jogja. Pembeli cukup membayar Rp10.000 saja
sudah kenyang sambil menikmati keriuhan pagi di Jogja.

 

Kuliner di Jogja : Makan Siang

Gudeg Mbah Lindu
Salah satu gudeg palig melegenda di Jogja, karena diklaim ini adalah penjual gudeg tertua di Indonesia
bahkan dunia. Mbah Lindu, yang kini berusia hampir 100 tahun yang sudah berjualan sejak beliau masih
remaja, dah masih berjualan gudeg hingga saat ini.

Berlokasi di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Gudeg Mbah Lindu
buka dari jam 05.00 pagi hingga jam 11.00 siang. Menikmati seporsi gudeg ini cukup merogoh kocek
mulai dari Rp15.000 saja.

Mangut Lele Mbah Karto
Bergeser ke arah Jogja Selatan anda akan menemukan kuliner khas Jogja lainnya yaitu Mangut Lele
Mbah Karto. Meskipun bukan perkara mudah untuk menemukan tempatnya, karena rumah mbah Karto
yang sekaligus sebagai lapak jualannya ini mesti blusukan kedalam kampung di sekitaran Kampus ISI
Yogyakarta. Mangut lele sendiri merupakan sajian berupa lele asap dengan kuah santan pedas yang
disajikan langsung dari dapur sang pemilik.

View this post on Instagram

Makan Siang Dimana ? Akhirnya Mutusin makan disini aja,. . "Mangut Lele Mbah Marto", Mangut adalah salah satu makanan khas Mataraman ( Semarang-Kendal-Jogja-Solo) perbedaannya biasanya untuk daerah Utara seperti Semarang dan Kendal menggunakan Ikan Pe dan Manyung dan untuk Solo dan Jogja menggunakan ikan Lele, lalu apa uniknya Mangut Mbah Marto ini ? Didapur sederhananya yang terletak dibagian belakang rumah, Bisa dilihat dari proses memasaknya yang masih menggunakan Luweng yaitu Tungku yang terbuat dari tumpukan batu bata dan tanah liat, sumber apinya masih menggunakan kayu bakar, kombinasi cara memasak tradisional yang masih dipakai sampai sekarang ini menghasilkan api yang stabil dan merata, tempat makan yang hanya memanfaatkan teras dan rumah sebagai tempat makan tak membuatnya sepi pengunjung, meski berada tidak dipinggir jalan raya namun jangan salah mobil pun rela menembus jalan kecil di daerah Sewon Bantul Tersebut, . Selain itu penggunaan bahan untuk mangutnya yaitu lele yang diasap dan bumbu-bumbu yang diracik apik membuatnya selalu dicari oleh para penggemar setia maupun para turis yang mampir atau sengaja datang ke tempat ini dari berbagai daerah, . Dalam Satu porsi biasa anda bisa mengambil sendiri Nasi, Satu Ekor Lele, dan Gudeg Nangka serta Sambal Goreng krecek yang soal rasanya jangan ditanya, Aroma asap dan bumbunya yang sedikit pedas meskipun tanpa sambal tambahan membuat para penggemarnya ketagihan, Buat yang penasaran silahkan datang sendiri ke rumah Mbah Marto di daerah belakang ISI Jogja cari jalannya bisa lewat GPS kok, bukti bahwa tempat ini sudah sangat HITZ!! . . . . . . . . . . #Mangutlele #mangutlelembahmarto #explorejogja #foodgramyk #foodgram_yk #kulinerjogja #foodstylistlife #foodstylist #foodstyling #foodphotography #foodphotograph #foodphotographer #canon #canonid #foodporn #foodies #foodpics #foodphoto #mrachefoproject #belangacitarasa #BedaRasaSatuIndonesia #BelangaAgent

A post shared by Rohmad Aji Mukharom (@mrachefo) on

Warung Mbah Karto sudah buka sedari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 sore, dengan harga
Rp25.000/porsi, memang layak untuk mendapatkan kelezatan olahan lele dan keramahan dari sang
pemilik warung, Mbah Karto.

Es Buah PK
Setelah berpedas-pedas ria, bolehlah meredam kepedasan dan panasnya Jogja kala siang dengan
semangkuk Es Buah PK. Berlokasi di Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota
Yogyakarta, Warung es buah ini sudah ada sejak tahun 1973 lho…

Orang-orang rela antre demi mendapatkan semangkuk es buah yang terdiri dari isian nangka, cingcau
hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, susu coklat dan parutan es. Dihargai hanya Rp8.000 saja, Es Buah PK
buka dari pukul 09.00 hingga 18.00.

 

Kuliner di Jogja : Cemilan Sore

Angkringan Kopi Jos Lek Man
Senja menjelang malam mungkin waktu terbaik untuk menikmati segelas kopi joss panas sambil melihat
keramaian Jogja. Ditemani sego kucing, aneka sate, gorengan sambil diiringi musisi jalanan. Terkenal
sebagai pionir angkringan di Jogja, angkringan kopi joss Lek Man adalah tempat yang paling tepat.
Karena mempunyai lokasi paling strategis yaitu di samping Stasiun Tugu Jogja.

View this post on Instagram

kopi joss…. #kopijosslekman

A post shared by JULIAN (@julian_sorrel) on

Salah satu menu yang paling terkenal dari tempat ini adalah kopi joss yaitu kopi yang diberi arang
membara, dan bunyi arang ketika bertemu dengan racikan kopi panas itulah yang menimbulkan bunyi
khas, hingga dinamai kopi joss.

Buka dari pukul 14.00 hingga tutup ini memang paling terjangkau untuk urusan harga. Mulai dari
Rp.1000 anda sudah bisa menikmati hidangan yang tersedia disini.

 

Kuliner di Jogja : Makan Malam

Oseng Mercon Bu Narti

View this post on Instagram

menu makan malam, OSENG MERCON ala Bu Narti Jogja, belum kesampaian kuliner kesana, yaudah deh bikin sendiri tombo pengen πŸ˜‹. . OSENG MERCON. . BAHAN : . 🍌 500 gr koyor (tetelan sapi) 🍌 3 Lembar daun salam 🍌 3 cm lengkuas 🍌 5 gr gula merah 🍌 Totole/Kaldu sapi/Penyedap rasa sapi 🍌 Saus Tiram 🍌 Garam 🍌 300 ml air matang. . Bumbu Halus :. . 🍌 250 gr cabe rawit 🍌 50 gr cabe besar 🍌 10 siung bawang putih 🍌 5 siung bawang merah 🍌 2 cm jahe. . CARA MEMASAK :. . 🍌 Rebus tetelan kurleb 1 jam (smp empuk) 🍌 Tumis bumbu halus, masukkan daun salam & lengkuas. 🍌 Masukkan tetelan sapi, beri air, saus tiram, gula merah & garam. tes rasa, sajikan. . #reseposengmercon #reseposengmerconjogja #reseposengmerconbunarti #reseposengosengcon #osengmerconbunarti #osengmerconjogja #osengmercon #osengmercon #dc_osengmercon #berbagireseposengmercon #kulinerjogja #hobimasak #hobimakan #hobikuliner

A post shared by 𝓑π“ͺ𝓽𝓷π“ͺ 𝓣𝓻𝓲 𝓦π“ͺ𝓱𝔂𝓾𝓷𝓲 🍳 (@ratna3wahyuni) on

Tidak jauh dari lokasi angkringan Lek Man, ada makanan khas lainnya yaitu, Oseng Mercon Bu Narti.
Sesuai namanya “mercon”, karena mempunyai rasa yang super pedas yang seperti meledak di mulut.
Berdiri hampir 20 tahun lalu, oseng-oseng racikan Bu Narti ini terdiri dari kikil, daging, gajih, kulit dan
tulang muda serta cabe rawit yang melimpah. Siap-siap es teh bergelas-gelas sih ini!

Berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Oseng Mercon Bu Narti dihargai
mulai dari Rp.15.000 per porsinya. Ngga bikin meledak kantong kan? cuma bikin meledak mulut aja
sihhhh..

Lesehan Terang Bulan Malioboro

Kulineran di Jogja, kurang afdol rasanya kalau tidak mengunjungi lesehan di Malioboro. Salah satu yang
paling ramai adalah lesehan Terang Bulan di Jalan Malioboro Nomor 8, atau persis di depan toko Batik
Terang Bulan. Buka dari jam 21.00 hingga jam 02.00 dini hari, menyajikan sajian burung dara goreng
yang enak banget. Apalagi disantap dengan sepiring nasi panas, sungguh menggugah selera bukan??.
Apalagi dengan harga perporsinya mulai Rp.20.000, gak bakal bikin kantong jebol pastinya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.